Beranda | Artikel
Penjelasan 3 Landasan Utama
Minggu, 26 Juni 2022

Bismillah.

Kitab atau risalah Tsalatsatul Ushul atau lebih dikenal dengan Ushul Tsalatsah merupakan buku yang sangat penting dalam mengupas dasar-dasar aqidah Islam terutama tauhid uluhiyah.

Kitab ini ditulis oleh seorang ulama besar di masanya Syaikh Muhammad at-Tamimi rahimahullah. Beliau lahir pada tahun 1115 H dan wafat pada tahun 1206 H. Dengan taufik dari Allah beliau bekerjasama dengan Imam Muhammad bin Su’ud rahimahullah untuk menegakkan dakwah tauhid di jazirah arab.

Kitab Tsalatsatul Ushul atau ‘tiga landasan utama’ ini banyak dipelajari di masjid-masjid maupun lembaga pendidikan Islam yang memiliki perhatian besar terhadap pemurnian aqidah di tengah masyarakat. Sebuah kitab ringkas yang sarat akan faidah. Sudah selayaknya bagi para pemuda dan penimba ilmu untuk memiliki dan mempelajarinya.

Dengan memohon taufik dari Allah, kami mengajak rekan-rekan mahasiswa atau pemuda yang ingin ikut belajar memahami kandungan kitab ini dalam kegiatan baca kitab yang insya Allah diadakan rutin setiap Ahad malam ba’da maghrib sampai menjelang isyak. Tempat di Wisma al-Mubarok 1 Ngebel RT 7 – belakang Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Kasihan Bantul.

Kitab yang dibahas adalah Taisirul Wushul Syarh Tsalatsah Ushul karya Syaikh Abdul Muhsin al-Qasim hafizhahullah seorang imam dan khatib di Masjid Nabawi Madinah Saudi Arabia. Pelajaran ini tidak terbatas bagi yang bisa membaca kitab arab gundul. Teman-teman yang ingin bergabung bisa menghubungi kami di nomer wa : 0853 3634 3030 untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Semoga Allah beri taufik kepada kita untuk meraih ilmu yang bermanfaat.


Artikel asli: https://www.al-mubarok.com/penjelasan-3-landasan-utama/